Smart and Beauty Class (SBC)

Pusing kebanyakan laporan? Jenuh dengan perkuliahan? Solusinya??? Gampang!!! Yuk cari aktifitas lain yang bikin fresh, kreatif, pinter dan cantik juga… Apa itu? SBC Jawabannya… ๐Ÿ™‚

Khusus untuk kamu mahasiswi Fakultas Teknik dan sekitarnya, akan hadir Smart and Beauty Class, Club/Komunitas cewek-cewek yang nggak hanya sekedar kumpul-kumpul tapi juga penuh manfaat dan ilmu di dalamnya. Kamu bisa belajar apapun yang ingin kamu pelajari dan semuanya GRATIS!!! Mau tau cara gabungnya? Continue reading

Enam Perkara Untuk Menggapai Ilmu

Setiap tujuan pasti memiliki cara untuk menggapainya. Demikian pula ilmu. Sebagaimana ketika kita ingin mengambil buah di sebuah pohon yang tinggi yang memerlukan bantuan dan alat untuk mencapainya, ilmu pun membutuhkan beberapa syarat bagi kita untuk bisa mendapatkannya. Imam Syafiโ€™i merumuskan pada sebuah syairnya yang berbunyi,โ€œWahai saudaraku, tdak akan kau gapai ilmu itu kecuali dengan 6 perkara: kecerdasan, ambisi, berjihad (berjuang), dirham (uang), membersamai guru, dan waktu yang lamaโ€. Continue reading

Si Guru Ngaji dari Atas Roda

Kecelakaan pada 2006 itu telah merenggut kedua kaki Sarirejo atau yang biasa dipanggil Cak Jo,. Tak hanya membuat kedua kaki Cak Jo hilang, tapi semangat hidupnya juga nyaris hilang. Selama beberapa bulan, warga Mojokerto, Jawa Timur ini tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menyesali diri. Harta benda ludes untuk biaya operasi. Sampai akhirnya kakinya benar-benar habis sebab terpaksa harus diamputasi karena terus mengalami pembusukan.

Yang tersisa seperti yang Mas lihat sekarang ini. Itu semua akibat kecelakaan yang saya alami saat mengendarai sepeda motor dan bertabrakan dengan truk pada 2006 itu, ujarnya. Continue reading

KKMFT adakan diskusi Koordinator Keluarga Muda FSLDK Unila.

Sabtu (23/11/2013) bertempatkan di mushola Fakultas Teknik, terlihat beberapa orang pemuda berkumpul bersama. Mereka adalah Koordinator Keluarga Muda (KKM) Fakultas yang berasal dari Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi. Ditambah lagi dengan beberapa koordinator jurusan Teknik Geofisika, Teknikย  Sipil dan Teknik survey pemetaan. Dalam diskusi ini juga di hadiri oleh Koordiantor Keluarga Muda Universitas Lampung.

Diskusi yang mengangkat tema โ€œproblematika remaja dan solusi nyaโ€ diformat dengan santai. Acara dimulai oleh moderator dan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh penanggung jawab kegiatan, Tri bandrio (TM 2013) yang merupakan Koordinator Keluarga Muda Fakultas Teknik. Bandrio mengatakan bahwa tujuan dilakukannya diskusi ini adalah dalam rangka menyambung silaturahim antar koordinator keluarga muda. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa diskusi ini bertujuan menncari solusi atas problematika remaja yang terjadi di setiap fakultas. Continue reading

Renungkanlah Saudariku

ukhtiy renungkanlah…

Saudariku muslimah, salah seorang darimu pernah berkisah, simaklah mudah-mudahan engkau bisa mengambil faedah.

“Mulanya hanyalah perkenalan dan percakapan biasa lewat telepon. Seiring waktu berkembanglah pembicaraan sampai pada kisah cinta dan seluk-beluknya. Dia pun kemudian mengungkapkan cintanya dan berjanji akan meminang saya. Dia meminta agar bisa melihat wajah saya, terang saya menolaknya. Dia mengancam akan memutuskan hubungan. Akupun menyerah. Kukirimkan fotoku serta surat-surat yang begitu manis penuh rayu. Surat menyurat pun berlangsung selalu. Sampai akhirnya dia meminta untuk berjumpa dan jalan berdua dengannya. Aku menolak dengan keras. Tapi dia mengancam akan menyebarluaskan foto-foto saya serta surat-surat saya dan suara saya yang direkamnya ketika kami bercakap-cakap lewat telepon. Akhirnya akupun keluar pergi bersamanya dengan tekad agar bisa pulang segera secepatnya. Ya, akupun pulang akan tetapi dengan mambawa aib dan kehinaan. Ku katakan padanya: Nikahilah aku! Sungguh ini adalah aib bagiku. Maka dia menjawab dengan segenap penghinaan, ejekan dan mentertawakan: “Sesungguhnya aku tidak akan menikahi wanita pezina.

Saudariku yang mulia, jika engkau memang memiliki akal untuk berfikir maka dengarkanlah nasehat berikut ini:

Janganlah engkau percaya bahwa pernikahan akan mungkin terlaksana hanya karena perkenalan dan percakapan iseng lewat telepon. Kalaupun memang ini terjadi maka akan mengalami kegagalan, kegalauan dan penyesalan.

Janganlah engkau percayai seorang pemuda ketika dia mulai menampakkan kejujuran dan keikhlasannya dan menyatakan sangat menghargai dan menjunjung tinggi kehormatanmu tapi dia mengkhianati keluargamu dengan meneleponmu dan mengajakmu jalan bersama. Jangan kamu percayai dia ketika dia mulai menyatakan cinta dan berlemah lembut dalam pembicaraannya. Sungguh dia melakukan semua itu dengan tujuan-tujuan busuknya yang tampak jelas bagi orang yang berakal. Akankah dia benar-benar menjunjung tinggi kehormatanmu sementara dia mengajakmu berjumpa dan jalan bersama padahal engkau belum halal baginya? Continue reading

Silahturahmi itu sangat penting..

yah tidak berlebihan kiranya kalau saya berkata demikian, karena memangKeutamaan-Silaturahmi sejatinya silahturahmi merupakan hal yang sangat penting dan mendasar bagi manusia. kita tau bahwa dengan bersilahturahmi dapat menambah panjang umur kita. ini terkandung dalam hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi, Ibnu Majah dalam Sunannya no. 3663 dan Ahmad dalam Musnadnya sebanyak 10 riwayat.

ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุฑูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุจู’ุณูŽุทูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูู†ู’ุณูŽุฃูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฃูŽุซูŽุฑูู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽุตูู„ู’ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู

Artinya: โ€œBarangsiapa yang suka dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya, maka sambunglah silaturahim.โ€

 

Sungguh indah apaย yang Rasul sampaikan, kalau kita mau dilapangkan rizki ya silahturahim. kalau kita mau diakhirkan ajalnya (baca : panjang umur) ya silahturahim. Contoh nyata dimana silahturahmi dapat melapangkan rizki adalah ketika kita bersilahturami ke kosan teman kita aja, insyaAllah tuh kalo di tempat dia lagi ada makanan pasti kita dapet bagian, apalagi sampe kita maen ke kampungnya insyaAllah dapet makan juga malah. itu baru contoh sederhananya banyak lagi loh contoh-contohnya..

kaitannya dengan diakhirkan ajalnya ini terdapat beberapa pendapat yaitu antara lain :

Pertama. Yang dimaksud dengan tambahan di sini, yaitu tambahan berkah dalam umur. Kemudahan melakukan ketaatan dan menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat baginya di akhirat, serta terjaga dari kesia-siaan.

Kedua. Berkaitan dengan ilmu yang ada pada malaikat yang terdapat di Lauh Mahfudz dan semisalnya. Umpama usia si fulan tertulis dalam Lauh Mahfuzh berumur 60 tahun. Akan tetapi jika dia menyambung silaturahim, maka akan mendapatkan tambahan 40 tahun, dan Allah telah mengetahui apa yang akan terjadi padanya (apakah ia akan menyambung silaturahim ataukah tidak). Inilah makna firman Allah Ta’ala ,

ูŠูŽู…ู’ุญููˆ ุงู„ู„ู‡ู ู…ูŽุงูŠูŽุดูŽุขุกู ูˆูŽูŠูุซู’ุจูุชู

Artinya: โ€œAllah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki).โ€ (QS Ar Raโ€™d:39).

Demikian ini ditinjau dari ilmu Allah. Apa yang telah ditakdirkan, maka tidak akan ada tambahannya. Bahkan tambahan tersebut adalah mustahil. Sedangkan ditinjau dari ilmu makhluk, maka akan tergambar adanya perpanjangan (usia).

Dan yang ketiga. Yang dimaksud, bahwa namanya tetap diingat dan dipuji. Sehingga seolah-olah ia tidak pernah mati. Demikianlah yang diceritakan oleh Al Qadli, dan riwayat ini dhaโ€™if (lemah) atau bathil. Wallahu aโ€™lam. [Shahih Muslim dengan Syarah Nawawi, bab Shilaturrahim Wa Tahrimu Qathiโ€™atiha (16/114)]

itulah keutamaan dalam silahturahmi, semoga setelah membaca tulisan sederhana ini kita dapat meningkatkan lagi semangat kita dalam bersilahturahim.. ๐Ÿ™‚