Pelatihan Blog sesion 2

Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah hari ini telah dilaksanakan pelatihan blog sesion 2. Pada pelatihan hari ini bertemakan tentang “Monotize Blog”. Pelatihan ini diisi oleh Kak Bambang Eko alumni teknik elektro angkatan 2005 dan blogger senior Lampung.

Pada pelatihan ini peserta diajarkan tentang bagaiman mendapatkan uang dengan cara nge-Blog. Terdapat tiga proses dalam membangun blog. Yang pertama adalah Kita harus punya blog dahulu, yaiyalah gmana mau dapet uang dari blog kalo kita sendiri kagak punya blognya, hehe. Lalu yang kedua adalah kita harus mempunyai traffic yang bagus, apa yang dimaksud dengan traffic disini adalah proses untuk membuat blog yang kita miliki terkenal lebih dahulu. Blog yang kita miliki dapat mencapai rating yang bagus maka baru deh kita bisa kita sampai pada tahap yang ketiga yaitu Money. Jadi pada monetize blog ini kita harus melalui 2 tahapan tersebut sebelum kita dapat menghasilkan uang dari blog. Proses yang terlama dalam membangun ini adalah pada tahapan yang kedua. yaitu pada tahapan Traffic, ada dua hal yang dapat kita lakukan yaitu ON Page dan OFF Page.

Untuk tipe yang ON Page kita harus membuat kata-kata yang paling sering digunakan orang dalam melakukan pencarian pada mesin pencari, seperti judul yang menarik dan isi dari tiap paragraf yang kita tuliskan juga harus sesuai dengan judul sehingga dapat mempermudah mesin pencari menemukan isi yang berada pada blog kita.

Untuk langkah yang kedua adalah dengan metode OFF Page, pada tipe ini kita harus memperbanyak BackLink. Apa BackLink itu? Back Link adalah link kita yang dishare oleh orang lain atau kita sendiri kedalam twitter, fanpage atau blog kita yang lain yang menyebabkan ketika alamat web kita di klik maka akan ngelink kedalam blog yang kita miliki.

Cara lain untuk meningkatkan rating traffic kita adalah dengan meminimalisir adanya copas konten kedalam blog yang kita miliki, sehingga setiap pembaca yang mampir kedalam blog kita akan mendapatkan hal yang terbaru bukan hal yang sudah ada dan itu-itu saja. Mungkin baru itu aja yang bisa mimin share kepada temen-temen, semoga aja melalui blog ini kita dapa menambah pundi-pundi pendapat kita.. 😀

Wassalamualaikum wr.wb.

Berikut sedikit dokumentasi dari kegiatan yang dilaksanakan yang bisa diabadikan oleh kamera mimin.. 😀

DSC05778 DSC05779 DSC05781 DSC05784

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *